Sunday, April 20, 2014
EcoBoost adalah mesin bensin
injeksi langsung dengan turbocharger yang diproduksi oleh Ford Motor Company
dan dikembangkan oleh FEV engineering. Mesin dengan teknologi EcoBoost
dirancang untuk memberikan tenaga dan torsi sesuai dengan besar displacement engine,
sehubungan dengan output daya dan efisiensi bahan bakar dari hybrid dan diesel
teknologi, Ford melihat EcoBoost sebagai alternatif yang terjangkau dan
fleksibel.
Ford EcoBoost Engine |
Ford saat ini memproduksi mesin tiga
silinder in line 1.0 liter dengan turbocharger untuk EcoBoost family yang dikembangkan
di Dunton Technical Centre Ford di Inggris. Produksi dimulai pada bulan April
2012. EcoBoost 1.0 lahir dalam dua versi awalnya: 74 kW (101 PS; 99 HP) dan 88-92
kW (120-125 PS; 118-123 HP) Versi yang lebih kuat memberikan maksimum 170 Nm
(125 lbft) dari 1.400-4.500 rpm dan 200 Nm (148 lbft) pada overboost, membuat
kurva torsi yang luas bila dibandingkan dengan mesin bensin naturaly aspirated.
Blok mesin terbuat dari besi cor tanpa campuran aluminium untuk pemanasan 50% lebih cepat di ruang bakar, dengan
mengorbankan berat tambahan.
Karena desain 3 silinder yang
memiliki ketidak-seimbangan pada putarannya, flywheel sengaja dibuat tidak
seimbang untuk melawan ketidak-seimbangan tersebut dan menjadikan putaran
engine lebih lembut tanpa menggunakan
balancer shaft yang dapat mengurangi energy.
Mesin ini juga dilengkapi dengan internal
timing belt, karena belt ini terdapat di dalam engine tentu akan dilumasi oleh
oli mesin, sehingga dapat membuatnya lebih awet, meningkatkan efisiensi, dan
mengurangi kebisingan. Exhaust manifold dibuat menyatu
dengan cylinder head, yang dimaksudkan untuk mengurangi waktu pemanasan, hal
tersebut juga membantu dalam peningkatan efisiensi engine.
Mesin EcoBoost yang memiliki
ukuran block selebar kertas A4 dan berkapasitas 1.000 cc ini diklaim mampu
mengeluarkan tenaga sebesar 125 PS dengan torsi 170 Nm. Angka itu bahkan lebih
besar dari Fiesta bermesin 1.5 liter yang diklaim hanya memiliki kekuatan 112
PS dengan torsi 140 Nm.