Sunday, April 20, 2014

     EcoBoost adalah mesin bensin injeksi langsung dengan turbocharger yang diproduksi oleh Ford Motor Company dan dikembangkan oleh FEV engineering. Mesin dengan teknologi EcoBoost dirancang untuk memberikan tenaga dan torsi sesuai dengan besar displacement engine, sehubungan dengan output daya dan efisiensi bahan bakar dari hybrid dan diesel teknologi, Ford melihat EcoBoost sebagai alternatif yang terjangkau dan fleksibel.



Ford EcoBoost Engine
    Ford saat ini memproduksi mesin tiga silinder in line 1.0 liter dengan turbocharger untuk EcoBoost family yang dikembangkan di Dunton Technical Centre Ford di Inggris. Produksi dimulai pada bulan April 2012. EcoBoost 1.0 lahir dalam dua versi awalnya: 74 kW (101 PS; 99 HP) dan 88-92 kW (120-125 PS; 118-123 HP) Versi yang lebih kuat memberikan maksimum 170 Nm (125 lbft) dari 1.400-4.500 rpm dan 200 Nm (148 lbft) pada overboost, membuat kurva torsi yang luas bila dibandingkan dengan mesin bensin naturaly aspirated. Blok mesin terbuat dari besi cor tanpa campuran aluminium untuk pemanasan  50% lebih cepat di ruang bakar, dengan mengorbankan berat tambahan.

  Karena desain 3 silinder yang memiliki ketidak-seimbangan pada putarannya, flywheel sengaja dibuat tidak seimbang untuk melawan ketidak-seimbangan tersebut dan menjadikan putaran engine lebih lembut  tanpa menggunakan balancer shaft yang dapat mengurangi energy.

       Mesin ini juga dilengkapi dengan internal timing belt, karena belt ini terdapat di dalam engine tentu akan dilumasi oleh oli mesin, sehingga dapat membuatnya lebih awet, meningkatkan efisiensi, dan mengurangi kebisingan. Exhaust manifold dibuat menyatu dengan cylinder head, yang dimaksudkan untuk mengurangi waktu pemanasan, hal tersebut juga membantu dalam peningkatan efisiensi engine.

      Mesin EcoBoost yang memiliki ukuran block selebar kertas A4 dan berkapasitas 1.000 cc ini diklaim mampu mengeluarkan tenaga sebesar 125 PS dengan torsi 170 Nm. Angka itu bahkan lebih besar dari Fiesta bermesin 1.5 liter yang diklaim hanya memiliki kekuatan 112 PS dengan torsi 140 Nm.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Popular Post

Powered by Blogger.

Page

- Copyright © "Otak-Atik" Otomotif -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -