- Back to Home »
- Engine , Mazda , Teknologi »
- SKYACTIV-D Engine
Saturday, March 15, 2014
Mazda Skyactiv-D Engine |
- 20% efisiensi bahan bakar yang lebih baik berkat rasio kompresi rendah dari 14,0 : 1.
- Dilengkapi two-stage turbocharger baru dengan respon yang halus dan linier dari kecepatan rendah ke kecepatan tinggi.
- Sesuai dengan peraturan emisi global (Euro6 di Eropa dan Tier2Bin5 di Amerika Utara) tanpa menggunakan NOx aftertreatment yang mahal.
Secara umum mesin diesel memiliki rasio kompresi yang tinggi, suhu kompresi dan tekanan di titik mati atas (TMA) yang sangat tinggi. Jika bahan bakar diinjeksikan pada kondisi ini, pengapian akan berlangsung sebelum campuran udara dan bahan bakar yang layak terbentuk, menyebabkan pembakaran heterogen terjadi secara lokal. Akibatnya terjadi pembentukan NOx, dan karena pembakaran dengan oksigen yang tidak memadai menyebabkan pembentukan jelaga (Gambar.1)
Berdasarkan peraturan emisi yang semakin ketat belakangan ini, hal ini menyulitkan untuk menyalakan campuran pada waktu yang optimal (TDC), tidak ada pilihan lain selain menunda pembakaran sampai piston mulai turun dan menurunkan tekanan silinder dan suhu, meskipun hal ini menyebabkan boros bahan bakar.
Kelebihan dari rasio kompresi yang rendah
Kelebihan dari rasio kompresi yang rendah